Efek jaringan
Efek jaringan adalah
fenomena dimana peningkatan jumlah orang atau peserta meningkatkan nilai baik ataulayanan.
Internet adalah contoh dari efek jaringan. Awalnya, ada beberapa pengguna di
Internet karena itu adalah nilai kecil kepada siapa pun di luar militer dan
beberapa ilmuwan penelitian.
Namun, karena lebih
banyak pengguna memperoleh akses ke internet, mereka menghasilkan lebih banyak
konten, informasi, dan layanan. Pengembangan dan peningkatan situs web menarik
lebih banyak pengguna untuk terhubung dan berbisnis satu sama lain. Seperti
internet mengalami peningkatan lalu lintas, itu menawarkan lebih banyak nilai,
yang mengarah ke sebuah efek jaringan.
KUNCI TAKEAWAYS
- Efek jaringan
adalah fenomena dimana peningkatan jumlah orang atau peserta meningkatkan
nilai baik atau layanan.
- Situs E-commerce,
seperti Etsy dan eBay, semakin populer dengan mengakses jaringan online –
menarik konsumen ke produk mereka.
- Beberapa
perusahaan tidak dapat mencapai massa kritis — jumlah pengguna yang
diperlukan untuk efek jaringan untuk memegang — bahkan dengan akses ke
jaringan online dan offline.
- Kemacetan adalah efek jaringan negatif dimana terlalu banyak
pengguna dapat memperlambat jaringan, mengurangi utilitas dan anggota
jaringan frustasi.
The Network Effect dijelaskan
Efek jaringan dapat
menyebabkan pengalaman yang lebih baik karena lebih banyak orang
berpartisipasi, tetapi juga dapat mendorong peserta baru saat mereka melihat
untuk mendapatkan keuntungan dari jaringan.
Efek jaringan dapat
ditemukan di seluruh media sosial. Sebagai contoh,
karena lebih banyak pengguna memposting konten di Twitter seperti tautan dan
media, semakin berguna platform tersebut untuk menjadi publik. Efek jaringan
telah menciptakan tingkat pertumbuhan eksponensial untuk platform jaringan
seperti Facebook, YouTube, dan Instagram.
Beberapa efek jaringan
telah terjadi dari individu bergabung dengan platform media sosial. Karena
lebih banyak pengguna bergabung dan berpartisipasi, perusahaan yang ingin
mengiklankan produk dan layanan mereka terburu-buru untuk bergabung dengan
situs ini untuk memanfaatkan tren. Peningkatan pengiklan menghasilkan lebih
banyak pendapatan untuk situs media sosial. Akibatnya, situs berkembang dan
mampu menawarkan lebih banyak layanan kepada konsumen.
Jaringan Effect vs. jaringan Externality
Meskipun serupa, efek
jaringan dan eksternalitas jaringan memiliki perbedaan yang berbeda. Jaringan
ekstertralitas adalah istilah ekonomi yang menggambarkan bagaimana permintaan
untuk produk tergantung pada permintaan orang lain membeli produk itu. Dengan
kata lain, pola pembelian konsumen dipengaruhi oleh orang lain membeli produk.
Sebagai contoh, jika
Anda melihat banyak mobil di restoran parkir, Anda mungkin menganggap Restoran
memiliki makanan yang baik. Sebagai hasilnya, Anda mencobanya karena semua
orang itu tidak bisa salah. Tren dalam mode juga mempengaruhi pola
pembelian konsumen. Pakaian secara rutin masuk ke dalam-dan-keluar dari gaya
terutama berdasarkan peniru membeli dan menjual pola konsumen.
Eksternalitas jaringan
yang positif dapat menyebabkan efek jaringan. Jika banyak teman Anda di
Facebook, Anda mungkin bergabung berharap untuk berhubungan dengan mereka, yang
merupakan ekstertralitas positif. Jika setelah Anda bergabung, Anda memposting
konten berkualitas, dan yang mengarah ke banyak orang yang menikmati
pengalaman, itu akan meningkatkan keterlibatan-menciptakan efek jaringan.
Internet adalah contoh penting dari efek jaringan-eskalasi pengguna
telah menyebabkan lebih banyak situs web dan keterlibatan serta perusahaan yang
menawarkan produk dan jasa.
Pertimbangan khusus untuk bisnis dan efek jaringan
Efek jaringan yang ada
di Internet sering menguntungkan berbagai layanan-untuk-menyewa aplikasi dan
website. Sebagai lebih profesional daftar layanan mereka secara online, seperti
pejalan kaki anjing, tutor, atau listrik, lebih banyak pelanggan bergantung
pada mereka direktori online. Situs E-commerce ,
seperti Etsy dan eBay, tumbuh dalam popularitas karena lebih banyak penjual
bergabung dengan pasar tersebut dan menjual produk mereka kepada konsumen yang
memeluk belanja online.
Efek jaringan juga
memainkan peran dalam memajukan Layanan transportai antar. Perusahaan seperti
uber dan Lyft berevolusi dan tumbuh melalui dukungan peserta yang mendaftar dan
memperluas jangkauan mereka di seluruh kota dan negara. Karena semakin banyak
pembalap yang menjadi bagian dari uber dan Lyft, kedua merek tersebut
memperoleh nilai pasar.
Cepat
fakta
Beberapa terkemuka, perusahaan yang berkembang
pesat telah mencapai keberhasilan karena efek jaringan. Contohnya adalah
Facebook, Toko Aplikasi Apple, dan Airbnb.
Kritik terhadap efek jaringan
Rintangan kepala untuk
setiap baik atau layanan yang menggunakan efek jaringan adalah mendapatkan
traksi atau menarik cukup pengguna pada awalnya sehingga efek jaringan
memegang. Jumlah pengguna yang diperlukan untuk efek jaringan yang signifikan
disebut massa kritis. Setelah massa kritis tercapai, baik atau layanan menarik banyak
pengguna baru karena jaringan menawarkan utilitas atau manfaat bagi konsumen.
Jika terlalu banyak
orang menggunakan baik atau layanan, kemacetan dapat terjadi. Kemacetan adalah
efek jaringan negatif. Untuk contoh internet, terlalu banyak pengguna pada
layanan jaringan yang sama dapat memperlambat kecepatan jaringan, mengurangi
manfaat bagi pengguna. Penyedia barang dan jasa yang menggunakan efek jaringan
harus memastikan bahwa kapasitas dapat ditingkatkan cukup untuk mengakomodasi
semua pengguna.
Ketentuan
terkait
Pemasaran digital adalah penggunaan internet,
perangkat seluler, media sosial, mesin telusur, iklan bergambar, dan saluran
lainnya untuk menjangkau konsumen.
Pelanggan untuk pelanggan (C2C) adalah model bisnis
dimana pelanggan perdagangan dengan satu sama lain menggunakan platform pihak
ketiga seperti eBay atau Craigslist.
Modal sosial adalah hasil praktis dari interaksi
informal antar orang. Dalam bisnis, modal sosial adalah kontribusi untuk
keberhasilan yang dapat dikaitkan dengan jaringan, internal, atau eksternal.
Business-to-Consumer (B2C) adalah model penjualan di
mana produk dan layanan dijual langsung antara perusahaan dan konsumen, atau
antara dua konsumen di pasar digital.
Bitcoin adalah mata uang digital atau virtual yang
dibuat pada 2009 yang menggunakan teknologi peer-to-peer untuk memfasilitasi
pembayaran instan. Ini mengikuti gagasan yang ditetapkan dalam whitepaper oleh
Satoshi Nakamoto yang misterius, yang identitas sejatinya belum diverifikasi.
Elektronik ritel (e-tailing) adalah penjualan barang
dan jasa melalui internet, yang dapat mencakup B2B atau B2C penjualan.
Mitra link
Tidak ada komentar:
Posting Komentar