Sabtu, 13 Juni 2020

Efek Jaringan atau Network Effect


Efek jaringan
Apa yang dimaksud dengan efek jaringan?
Efek jaringan adalah fenomena dimana peningkatan jumlah orang atau peserta meningkatkan nilai baik ataulayanan. Internet adalah contoh dari efek jaringan. Awalnya, ada beberapa pengguna di Internet karena itu adalah nilai kecil kepada siapa pun di luar militer dan beberapa ilmuwan penelitian.
Namun, karena lebih banyak pengguna memperoleh akses ke internet, mereka menghasilkan lebih banyak konten, informasi, dan layanan. Pengembangan dan peningkatan situs web menarik lebih banyak pengguna untuk terhubung dan berbisnis satu sama lain. Seperti internet mengalami peningkatan lalu lintas, itu menawarkan lebih banyak nilai, yang mengarah ke sebuah efek jaringan.
KUNCI TAKEAWAYS
  • Efek jaringan adalah fenomena dimana peningkatan jumlah orang atau peserta meningkatkan nilai baik atau layanan.
  • Situs E-commerce, seperti Etsy dan eBay, semakin populer dengan mengakses jaringan online – menarik konsumen ke produk mereka.
  • Beberapa perusahaan tidak dapat mencapai massa kritis — jumlah pengguna yang diperlukan untuk efek jaringan untuk memegang — bahkan dengan akses ke jaringan online dan offline.
  • Kemacetan adalah efek jaringan negatif dimana terlalu banyak pengguna dapat memperlambat jaringan, mengurangi utilitas dan anggota jaringan frustasi.
The Network Effect dijelaskan
Efek jaringan dapat menyebabkan pengalaman yang lebih baik karena lebih banyak orang berpartisipasi, tetapi juga dapat mendorong peserta baru saat mereka melihat untuk mendapatkan keuntungan dari jaringan.
Efek jaringan dapat ditemukan di seluruh media sosial. Sebagai contoh, karena lebih banyak pengguna memposting konten di Twitter seperti tautan dan media, semakin berguna platform tersebut untuk menjadi publik. Efek jaringan telah menciptakan tingkat pertumbuhan eksponensial untuk platform jaringan seperti Facebook, YouTube, dan Instagram.
Beberapa efek jaringan telah terjadi dari individu bergabung dengan platform media sosial. Karena lebih banyak pengguna bergabung dan berpartisipasi, perusahaan yang ingin mengiklankan produk dan layanan mereka terburu-buru untuk bergabung dengan situs ini untuk memanfaatkan tren. Peningkatan pengiklan menghasilkan lebih banyak pendapatan untuk situs media sosial. Akibatnya, situs berkembang dan mampu menawarkan lebih banyak layanan kepada konsumen.
Jaringan Effect vs. jaringan Externality
Meskipun serupa, efek jaringan dan eksternalitas jaringan memiliki perbedaan yang berbeda. Jaringan ekstertralitas adalah istilah ekonomi yang menggambarkan bagaimana permintaan untuk produk tergantung pada permintaan orang lain membeli produk itu. Dengan kata lain, pola pembelian konsumen dipengaruhi oleh orang lain membeli produk.
Sebagai contoh, jika Anda melihat banyak mobil di restoran parkir, Anda mungkin menganggap Restoran memiliki makanan yang baik. Sebagai hasilnya, Anda mencobanya karena semua orang itu tidak bisa salah. Tren dalam mode juga mempengaruhi pola pembelian konsumen. Pakaian secara rutin masuk ke dalam-dan-keluar dari gaya terutama berdasarkan peniru membeli dan menjual pola konsumen.
Eksternalitas jaringan yang positif dapat menyebabkan efek jaringan. Jika banyak teman Anda di Facebook, Anda mungkin bergabung berharap untuk berhubungan dengan mereka, yang merupakan ekstertralitas positif. Jika setelah Anda bergabung, Anda memposting konten berkualitas, dan yang mengarah ke banyak orang yang menikmati pengalaman, itu akan meningkatkan keterlibatan-menciptakan efek jaringan.

Internet adalah contoh penting dari efek jaringan-eskalasi pengguna telah menyebabkan lebih banyak situs web dan keterlibatan serta perusahaan yang menawarkan produk dan jasa.
Pertimbangan khusus untuk bisnis dan efek jaringan
Efek jaringan yang ada di Internet sering menguntungkan berbagai layanan-untuk-menyewa aplikasi dan website. Sebagai lebih profesional daftar layanan mereka secara online, seperti pejalan kaki anjing, tutor, atau listrik, lebih banyak pelanggan bergantung pada mereka direktori online. Situs E-commerce  , seperti Etsy dan eBay, tumbuh dalam popularitas karena lebih banyak penjual bergabung dengan pasar tersebut dan menjual produk mereka kepada konsumen yang memeluk belanja online.
Efek jaringan juga memainkan peran dalam memajukan Layanan transportai antar. Perusahaan seperti uber dan Lyft berevolusi dan tumbuh melalui dukungan peserta yang mendaftar dan memperluas jangkauan mereka di seluruh kota dan negara. Karena semakin banyak pembalap yang menjadi bagian dari uber dan Lyft, kedua merek tersebut memperoleh nilai pasar.
Cepat fakta
Beberapa terkemuka, perusahaan yang berkembang pesat telah mencapai keberhasilan karena efek jaringan. Contohnya adalah Facebook, Toko Aplikasi Apple, dan Airbnb.
Kritik terhadap efek jaringan
Rintangan kepala untuk setiap baik atau layanan yang menggunakan efek jaringan adalah mendapatkan traksi atau menarik cukup pengguna pada awalnya sehingga efek jaringan memegang. Jumlah pengguna yang diperlukan untuk efek jaringan yang signifikan disebut massa kritis. Setelah massa kritis  tercapai, baik atau layanan menarik banyak pengguna baru karena jaringan menawarkan utilitas atau manfaat bagi konsumen.
Jika terlalu banyak orang menggunakan baik atau layanan, kemacetan dapat terjadi. Kemacetan adalah efek jaringan negatif. Untuk contoh internet, terlalu banyak pengguna pada layanan jaringan yang sama dapat memperlambat kecepatan jaringan, mengurangi manfaat bagi pengguna. Penyedia barang dan jasa yang menggunakan efek jaringan harus memastikan bahwa kapasitas dapat ditingkatkan cukup untuk mengakomodasi semua pengguna.
Ketentuan terkait
Pemasaran digital adalah penggunaan internet, perangkat seluler, media sosial, mesin telusur, iklan bergambar, dan saluran lainnya untuk menjangkau konsumen.
Pelanggan untuk pelanggan (C2C) adalah model bisnis dimana pelanggan perdagangan dengan satu sama lain menggunakan platform pihak ketiga seperti eBay atau Craigslist.
Modal sosial adalah hasil praktis dari interaksi informal antar orang. Dalam bisnis, modal sosial adalah kontribusi untuk keberhasilan yang dapat dikaitkan dengan jaringan, internal, atau eksternal.
Business-to-Consumer (B2C) adalah model penjualan di mana produk dan layanan dijual langsung antara perusahaan dan konsumen, atau antara dua konsumen di pasar digital.
Bitcoin adalah mata uang digital atau virtual yang dibuat pada 2009 yang menggunakan teknologi peer-to-peer untuk memfasilitasi pembayaran instan. Ini mengikuti gagasan yang ditetapkan dalam whitepaper oleh Satoshi Nakamoto yang misterius, yang identitas sejatinya belum diverifikasi.
Elektronik ritel (e-tailing) adalah penjualan barang dan jasa melalui internet, yang dapat mencakup B2B atau B2C penjualan.
Mitra link


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ekspansi

Ekspansi Diperbarui pada 23 Oktober 2019 Apa itu ekspansi? Ekspansi adalah fase siklus bisnis di mana PDB riil tumbuh untuk dua ata...